Makin Pintar dengan Internet

on Selasa, 24 Februari 2009


Belajar bukanlah hanya pekerjaan para pelajar, mahasiswa dan guru saja. Akan tetapi pekerjaan semua orang untuk lebih menguasai sesuatu ilmu ataupun ketrampilan. Anda yakin, seseorang tidak butuh ketrampilan? atau kemampuan dalam memimpin?. ketahuilah ilmu dan ketrampilan itu tidak cukup hanya dengan kuliah di jurusan manajemen atau sekolah khusus untuk mencetak presiden sekalipun. Jika Anda termasuk orang yang tidak setuju dengan argumentasi ini, jangan dilanjutkan membacanya.

To day, jika tidak mengikuti perkembangan teknologi tentu akan ketinggalan zaman. Pentingnya pengetahuan tentang teknologi, ya paling minimal mahir menggunakan internet, menjadi salah satu modal untuk mengikuti perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan.

Bak perpustakaan besar tanpa batas, begitulah internet yang berisikan beragam informasi dan pengetahuan. Apalagi saat ini sangat banyak situs yang menyediakan jasa e-book (buku elektronik) serta berbagai resensi buku-buku literatur yang seyogianya mendukung belajar siswa/ perkuliahan mahasiswa ataupun orang yang sedang menganalisis informasi untuk suatu tujuan tertentu.

Begitulah pentingnya agar siswa/ mahasiswa lebih mampu menguasai teknologi khususnya internet.
Berinternet dengan baik bagi siswa/mahasiswa yaitu kemampuan berinternet dalam hal mengakses, mengelola, menilai secara kritis kesahihan dan kemampu-terapan informasi yang mendukung pembelajaran/perkuliahan yang diperoleh di bangku sekolah/kuliah. Informasi yang diperoleh dari internet sedikit banyak akan menambah khasanah selain materi yang telah diperoleh dari guru/dosen di kelas.

Bentuk riil aplikasi penggunaan internet dalam mendukung belajar siswa/ mahasiswa misalnya :

1. Kemampuan searching literatur atau informasi berbagai bidang keilmuan dengan menggunakan mesin pencari (search engine seperti Google atau Yahoo). Kemampuan ini penting karena ada miliaran informasi di internet sehingga pelajar harus dibekali dengan kemampuan searching yang efektif agar tidak tersesat dalam rimba internet. Materi yang diajarkan, misalnya bagaimana cara menggunakan tanda atau logika Boolean dalam search engine.
2. Kemampuan menganalisis secara kritis informasi yang ada di internet. Ada beberapa syarat yang dikatakan informasi di internet layak dipakai.
3. Kemampuan mendokumentasi atau menyimpan hasil pencarian kedalam folder yang rapi sehingga nantinya mudah diakses bila diperlukan.
4. Kemampuan pendukung yang diperlukan, misalnya menggunakan web browser selain internet explorer seperti mozilla atau opera serta mengenal tipe atau format file hasil download internet seperti html, asp, php, exe, 3gp, mhtml, dll.
5. Kemampuan membuat dan mengirim email, chating serta mailing list.
6. Kemampuan bagaimana berpartisipasi dalam sebuah learning management system seperti MOODLE atau ATUTOR.

Intinya, kemampuan untuk ikut dalam sebuah forum diskusi atau pembelajaran. Hal ini penting nantinya dalam rangka continuing medical education yang ke depannya menggunakan distance learning yang berbasis learning management system.

Untuk kemampuan membuat blog, boleh saja diajarkan karena membuat blog sudah sangat mudah sekali , tidak seperti membuat website seperti dahulu. Blog ini dapat digunakan sebagai web log book yang sangat baik untuk mengembangkan pengalaman belajar mahasiswa yang berisi pengalaman belajar yang telah mereka lalui dan refleksinya serta dapat digunakan sebagai wadah peer assessment.(Dari sumber yang terpercaya dan telah diolah)

0 komentar:

Posting Komentar

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Website counter